Darah terdiri dari 2 bagian yaitu plasma darah dan sel darah. Plasma darah ada 55% sedangkan sel darah ada 45 % dalam tubuh kita.
Plasma darah adalah bagian darah yang berupa cairan berwarna kuning. 90% plasma darah tersusun atas air, selebihnya yang 10% tersusun atas fibrinogen, protombin, kalsium dan serum. Fibrinogen, protombin dan kalsium merupakan zat-zat yang berguna dalam proses penggumpalan darah. Serum mengandung zat antibodi untuk membentuk kekebalan tubuh.




Fungsi atau kegunaan dari plasma darah bagi tubuh kita adalah :
  • Mengangkut zat makanan
  • Membantu penggumpalan darai
  • Membantu kekebalan tubuh
Sel darah adalah bagian dari darah yang padat. Sel darah dibedakan menjadi 3 yaitu :
  1. Sel darah merah (eritrosit), berfungsi membawa oksigen. Semakin banyak oksigen yang dibawa maka warna darah semakin merah cemerlang. Di dalam sel darah terdapat hemoglobin yang dapat mengikat oksigen dan karbon dioksida yang tidak terpakai oleh tubuh. Oksigen dan karbondioksida tersebut diperoleh saat darah melewati paru-paru saat kita bernapas.
  2. Sel darah putih (leukosit), berfungsi untuk membunuh kuman-kuman penyakit.  Ketika kulit terluka, kuman penyak dapat masuk ke dalam darah melalui luka tersebut. Tugas dari sel darah putih menyerang kuman tersebut agar tidak masuk ke dalam darah. Setelah penyerangan tersebut, sel darah putih dan kuman mati/rusak dan keluar melalui luka sebagai nanah.
  3. Keping darah (trombosit) , berfungsi menghentikan darah yang keluar akibat luka / robeknya pembuluh darah, dimana dalam proses tersebut dibantu oleh plasma darah.
Cukup disini dulu broowww, ngantuk.....
kalo temen-temen butuh rangkuman lengkapnya silakan tunggu upload saya berikutnya...


Poskan Komentar Blogger

 
Top